Translate

Senin, 12 September 2011

PURA PASAR AGUNG TENGAH



Pura Pasar Agung ini dikatakan juga Pura Pengubengan yang maksudnya apabila keadaan cuaca sangat buruk (kabut, hujan-angin), maka upacara persembahyangan boleh dilaksanakan dari tempat ini, ngacap Ida Bhatara di Lempuyang Luhur. Pura Pasar Agung adalah Linggih Ida Bhatari Giri Putri bersama Dewi Melanting, merupakan Dewi Kemakmuran yang mengatur kelancaran ekonomi dan kestabilan harga pasar secara niskala. Apabila orang akan membuat pasar yang baru, sebaiknya nuntun linggih ke Pura Pasar Agung, mohon restu untuk keselamatan pasar. 
Makna pasar agung adalah pasar raya/besar, di tempat ini tersedia berbagai macam kebutuhan untuk kelangsungan hidup kita. Di pasar pasti ada penjual dan pembeli, kalau sudah terjadi kesepakatan harga maka jual beli akan berlangsung. Demikian pula pasar agung secara niskala, di dalam menjalani kehidupan ini kita sering terjebak dengan keinginan sesaat, dan biasanya penyesalan itu selalu datangnya terlambat.
Kita sering bingung memahami tujuan hidup kita yang sesungguhnya, apa yang kita cari, apa yang kita butuhkan, untuk apa kita hidup ke dunia, selalu saja berkecampuk dalam pikiran kita. Jangankan memikirkan masa depan kita yang panjang, yang akan terjadi sedetik kemudianpun kita tidak pernah tahu, itulah kebesaran Tuhan. Seperti suasana pasar, dalam perjalanan hidup kita selalu ada transaksi, tawar menawar, tarik menarik dan kesepakatan-kesepakatan. Asal kita bijaksana dan sabar dalam mengambil keputusan, biasanya apapun yang menjadi pilihan kita pasti yang terbaik. Karena kita tidak mungkin dapat memilih hanya yang baik-baik saja, Kalau semua yang baik menjadi pilihan kita lantas yang jelek dan buruk mau dikasi siapa? Sesungguhnya sangat bijaksana kalau kita mengambil yang kurang bagus tetapi kita dapat membuat menjadi bagus. Bukankah tak seorangpun bisa membuat diri kita bahagia kecuali diri kita sendiri, karena kita adalah raja atas diri kita.
Begitu juga makna pasar agung, banyak karakter, sifat, prilaku, yang kita dapatkan di sana, maka bijaksanalah dalam memilih. Setelah dipilih apapun hasilnya, tidak lagi menyalahkan orang lain, kecuali diri kita sendiri, karena itu sudah menjadi pilihan kita. Salah satu tujuan hidup kita adalah memilih dan dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar