Translate

Selasa, 02 November 2010

PURA TIRTHA MANIK AMBENGAN (DANU SAWANG)

Di Pura ini sering dipergunakan umat Hindu sebagai tempat melukat. Tirtha Manik Ambengan terletak ditengah-tengah hutan di antara dua buah sungai, sungai Bulih Apit aliran Tirtha Telaga Sawang (di barat) dan sungai Bulih Ambengan aliran dari Tirtha Kamandalu (di timur), karena itu tempat ini disebut penyampuhan. Disebut Danu Sawang / danau diawang-awang (Danu Nerawang ucap Sulayang Geni) yang berarti danau bayangan atau Danu-Penyawangan dari 5 buah danau yang terdapat di Bali dan Lombok, yaitu : Danau Batur, Danau Beratan, Danau Buyan, Danau Tamblingan dan Danau Segara-Anak di Gunung Rinjani Lombok. Demikian keyakinan yang diwariskan turun temurun.

Tirtha Manik Ambengan adalah Pesucian Ida Bhatara yang berstana di Pura Windu Sari.

Tirtha-yatra mohon hujan :
Bhagawad gita, III. No. 14.
Karena makanan makhluk hidup,
Karena hujan makanan tumbuh,
Karena persembahan hujan turun,
Dan persembahan lahir karena kerja.
Apabila terjadi kekeringan atau musim kemarau yang panjang, sangat baik di tempat ini mengadakan tirtha-yatra mohon hujan, dengan sarana bebanten :
- Suci ireng satu soroh, lengkap dengan runtutannya.
- Pakelem bebek selem tulus, boleh diganti dengan ayam selem tulus.
Hal ini sudah sering dilaksanakan dan selama ini jarang gagal, dengan nguncarang Weda–Cruti Gangga Stawa .

Melukat = membersihkan kekeruhan/kaletehan :

Pada waktu tertentu, misalnya : Kajeng Kliwon, Purnama-Tilem dan pada Hari Raya lainnya, banyak orang yang berdatangan ke Pura Danu-Sawang / Penyampuhan, untuk melukat; seperti orang-orang yang baru sembuh dari penyakit, baik itu penyakit jasmani maupun penyakit rokhani. Jenis penyakit rokhani adalah : sakit ingatan, kesedihan, putus asa (frustasi), stres, bimbang/bingung, kecewa yang mendalam, kekeruhan bathin, iri hati/cemburu yang berlebihan, prasangka yang berlebihan dll. Hari Kajeng Kliwon Uwudan (panglong), merupakan hari yang sangat baik untuk ngelukat segala macam penyakit yang mengganggu perasaan. Silahkan mencoba dan yakinilah.
Semoga apa yang diharapkan mendapatkan berkah dan waranugraha dari pada Dewa yang berstana di sana.

2 komentar:

  1. ampura jero alamat pura niki ring dije???pura yg tiang maksud,,,,pura tirtha ambengan lan pura tirtha jaga satru????pls info lengkapnya,suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om,Suastyastu pak nyoman sukra, ampura wau poli galah nyawis pitaken jerone. Pura puniki wenten ring wewengkon desa pakraman batugunung, megenah ring desa bukit karangasem. wenten 7 sumber air suci lan 12 pura dados metirtayatra dumun irika mangda polih aura becik, suksma.
      Om,Santi santi santi Om.

      Hapus